Sehatq.com : Tanaman Obat yang Bisa ditanam di Sekitar Rumah

Mengingat daerahnya yang subur, Indonesia memiliki banyak sekali tanaman obat. Mulai dari tanaman herbal sampai dengan tanaman obat langka yang keberadaannya hanya ada di beberapa daerah saja. Penting bagi kita mengetahui jenis-jenisnya untuk antisipasi.

Banyak artikel kesehatan yang membahas tentang tanaman obat ini, salah satunya yang konsisten dan mampu mengulas secara rinci adalah situs kesehatan sehatq.com.

Pengertian Tanaman Obat

Tanaman yang memiliki khasiat obat disebut tanaman Obat. Singkatnya adalah tumbuhan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan suatu penyakit. Anda bisa menggunakan bagian tertentu dari tanaman tersebut untuk obat. Misalnya saja daun, dahan, buah atau bahkan akarnya.

Indonesia sendiri memiliki banyak jenis tanaman obat yang tersebar di seluruh daerah. Rata-rata tanaman tersebut muncul sebagai obat karena khasiatnya sudah terbukti selama bertahun-tahun, diturunkan dari generasi ke generasi.

Karena manfaatnya yang bisa menyembuhkan. Banyak masyarakat yang sengaja menanamnya di rumah sebagai tanaman obat keluarga. Jadi jika sewaktu-waktu ada anggota keluarga yang sakit, anggota keluarga lain akan menggunakan tanaman tersebut untuk menyembuhkannya.

Tanaman Obat yang bisa ditanam di Sekitar Rumah

tanaman obat di pagar rumah

Dari banyak tanaman yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, tidak sedikit yang bisa kita tanam sendiri di rumah. Misalnya saja jahe, kunyit, temulawak dan lidah buaya. Artikel kesehatan ini akan menjelaskan beberapa manfaat dan cara menanamnya.

1. Jahe

Tanaman obat yang satu ini sangat populer karena khasiatnya yang bisa membuat badan menjadi hangat, meredakan gangguan pencernaan, sampai meringankan nyeri ketika wanita sedang mengalamiĀ  disminore atau rasa sakit yang datang setelah haid.

Tumbuhan ini sangat mudah ditanami di sekitar rumah. Anda bisa membeli dengan sengaja beberapa batang Jahe untuk ditanam, atau menggunakan sisa Jahe yang belum digunakan. Cara menanamnya juga mudah.

Untuk hasil yang maksimal, Anda hanya perluĀ  menyiapkan pot lalu masukan tanah yang berisi campuran pupuk humus dan kendang (perbandingan 1:1). Simpan beberapa batang jahe di dalam campuran tanah tersebut, lalu siram dengan air secukupnya.

Jika tidak ada pot dan pupuk, Anda tetap bisa menanamnya di lahan kosong sekitar rumah dengan cara meletakkannya di bawah tanah yang subur.

2. Kunyit

Kaum hawa yang suka memasak mungkin tidak akan asing dengan tanaman ini. Ternyata selain bisa digunakan sebagai penyedap pada masakan, kunyit juga sangat berkhasiat untuk mengobati beberapa macam penyakit.

Di segi kesehatan, kunyit sangat bermanfaat untuk mengobati masalah kecil seperti sakit perut sampai masalah besar seperti diabetes tipe 2, dan Alzheimer. Di segi kecantikan, kunyit sangat berkhasiat untuk membuat kulit menjadi halus dan mengurangi keputihan pada perempuan.

Menanam kunyit juga tidak memerlukan keahlian khusus, Anda hanya perlu melakukan cara seperti yang dilakukan pada jahe.

3. Temulawak

Buat yang baru mengenalnya, bentuk temulawak mirip seperti jahe dan kunyit. Memiliki khasiat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, membantu merangsang cairan empedu, mengatasi gejala dispepsia, merangsang nafsu makan atau membantu melancarkan pencernaan.

Karena bentuknya yang sama dengan kunyit dan jahe, cara yang bisa Anda lakukan untuk menanam temulawak ini juga bisa mengikuti cara yang dilakukan ketika menanam jahe.

4. Lidah buaya

Tanaman obat daun ini sangat efektif meringankan iritasi di kulit. Selain itu pada perawatan yang konsisten, Anda juga bisa menggunakan daun lidah buaya untuk mencegah kebotakan. Cairan yang ada padanya bisa merangsang tumbuhnya rambut.

Cukup oleskan potongan lidah buaya kepada kulit kepala, biarkan sampai cairan yang ada pada lidah buaya ini menyerap pada kulit. Hasilnya akan terlihat jika Anda melakukannya secara rutin.

Untuk mengembang biakkan tanaman ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu memetik bakal tanaman lidah buaya, masukkan ke dalam tanah yang subur (bisa di pot atau di area terbuka) dan siram secara teratur.

Itulah sekilas pembahasan tentang tanaman obat secara umum. Lebih khusus Anda bisa mengikuti situs sehatQ.com sebagai pusat informasi kesehatan. Ada banyak artikel Kesehatan berkualitas yang ditulis secara rinci bisa Anda lihat di sana.

Tinggalkan komentar