Apa itu Mesin Binding Buku dan Kegunaannya

Mau membuat buku dan menjilidnya dengan rapi dan tahan lama hingga bertahun-tahun. Pakai mesin binding buku solusinya. Karena praktis dan bisa menjilid buku dengan jumlah halaman yang banyak. Masalahnya tidak semua mesin binding buku bisa menjilid buku dengan ketebalan maksimal. Karena biasanya semakin tebal buku, proses penjilidannya pun semakin sulit.

Solusi tepat yang bisa diberikan untuk menjilid banyak halaman adalah dengan menggunakan lem panas. Hal ini dikarenakan lem panas mempunyai keunggulan mampu menjilid buku dengan halaman sangat banyak dan tebal. Hasilnya pun rapi dan kuat.

Pembuatan lem panas, tentu akan sulit jika dilakukan secara manual. Makanya pengusaha percetakan membutuhkan yang namanya mesin binding buku atau mesin jilid lem panas untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Apa itu Mesin Binding Buku?

Mesin Binding buku adalah istilah yang digunakan untuk mesin yang bisa membinding buku, atau menjilid kertas dengan ketebalan tertentu menjadi sebuah buku. Ketebalan buku yang bisa dijilid menggunakan mesin binding buku sangatlah bervariasi. Mulai 100 halaman sampai 500 halaman.

Hanya butuh waktu kurang dari 5 menit loh untuk menjilid buku menggunakan mesin binding buku ini. Praktis dan mudah dipraktekkan, karena dilengkapi dengan buku panduan yang mudah diikuti.

Berdasarkan metode pengoperasiannya, mesin binding buku dibedakan menjadi dua. Yaitu mesin binding buku otomatis dan mesin jilid lem panas yang manual.

Baca Juga : 3 Mesin Rigid Box untuk Membuat Kemasan Elegant

Mesin Jilid Lem Panas yang Praktis

Seperti namanya, mesin jilid lem panas menggunakan bahan lem panas untuk merekatkan halaman demi halaman kertas hingga menjadi sebuah buku.

Teknik jilid panas ini diterapkan pada mesin jilid lem panas yang dilengkapi dengan berbagai fitur keren di dalamnya. Salah satunya adalah fitur thermocontrol yang menjaga agar suhu lem panas tetap stabil. Sehingga hasil rekatan pada lem panas bisa kuat dan rapi.

Kegunaaan Mesin Jilid Lem Panas

Penggunaan lem panas dalam teknik jilid panas banyak dipilih pengusaha percetakan, karena dinilai praktis dengan hasil yang memuaskan. Tampilanya yang dilengkapi dengan touchscreen untuk type Glue Binding 60A, sehingga proses pengoperasiannya pun lebih mudah.

Beberapa kegunaan Mesin Jilid Lem panas Diantaranya :

1. Menjilid aneka ragam kertas, mulai dari kertas HVS biasa sampai art paper

Jenis kertas itu bermacam-macam. Ada yang polos dengan type HVS, kertas buram yang tipis, sampai kertas tebal yang biasanya digunakan untuk ngeprit hasil foto, atau desain gambar. Jenis kertas seperti ini biasanya disebut art paper.

Mesin jilid lem panas, bisa digunakan untuk menjilid berbagai jenis kertas dan berbagai ukuran. Biasanya ukurannya A4+ atau A3+, tapi tidak menutup kemungkinan untuk jenis kertas lainnya. Misalnya A5 yang ukurannya setengah dari ukuran kertas A4. Biasanya digunakan untuk skripsi.

2. Dapat dipakai menjilid berbagai jenis buku

Mau membuat komik, novel, buku pelajaran atau makalah. Bisa dijilid menggunakan mesin binding buku dengan teknik jilid lem panas. Hasilnya rapi, kuat dan bisa menjilid dengan ketebalan hingga 500 halaman loh. Wow banget kan.

3. Dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan penjilidan.

Mau menjilid buku untuk keperluan skripsi? Atau untuk usaha percetakan dengan target omset bulanan yang meningkat. Tentukan jenis mesin jilid lem panas yang digunakan.

Kalau untuk menjilid buku dalam usaha copy center, bisa pakai mesin jilid lem panas yang ukurannya kecil. Tapi kalau tujuannya untuk bisnis dengan skala besar, mesin jilid lem panas ukuran besar lebih cocok digunakan. Karena bisa menaikkan omset dengan produksi yang lebih aktif.

4. Dapat digunakan untuk menjilid buku dengan ketebalan bervariasi

Ketebalan sebuah buku biasanya minimal 50 halaman. Kalau tebalnya kurang dari itu, mungkin bisa menggunakan staples biasa atau penjilidan biasa dengan menggunakan staples dan lakban hitam. Tapi kalau lebih dari 50 halaman, apalagi sampai 500 halaman. Maka mesin jilid lem panas sangatlah dibutuhkan.

Tenang, untuk menjilid buku dengan ketebalan hingga 500 halaman hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit kok. Cepat dan praktis. Bagi usaha skala besar, kerja mesin yang cepat ini tentu saja menguntungkan. Karena bisa meningkatkan produksi lebih banyak. Sehingga omset pun dapat meningkat.

Mesin Jilid Lem Panas dari Maxipro

Maxipro merupakan perusahaan distributor mesin percetakan terkemuka di Indonesia. Produk yang dijual pun berkualitas karena menjadi distributor tangan pertama langsung dari pabrikan. Sebelum sampai ke tangan konsumen, setiap mesin percetakan yang dijual akan ditest terlebih dahulu untuk memastikan kinerja mesin bagus atau tidak.

Mesin jilid lem panas Maxipro sudah sesuai dengan standart penjilidan buku penerbit. Sehingga kualitasnya pun tidak diragukan lagi.

Ada garansi resmi dari Maxipro selama satu tahun untuk setiap pembelian mesin jilid lem panas. Jadi kalau seandainya ada kerusakan yang tidak disengaja atau ada hal-hal yang perlu perbaikan, bisa menggunakan garansi resmi yang sudah diberikan.

Butuh sparepart dari mesin jilid lem panas? Di Maxipro ada semua. Sehingga pelanggan tidak perlu mencari toko lain untuk membeli kebutuhan sparepart untuk mesin yang dibelinya.

Makanya yuk beli mesin jilid lem panas hanya di Maxipro. Kualitas terjamin, harga terbaik dan pelayanannya pun memuaskan. Info lebih lengkap bisa dilihat langsung di www.maxipro.co.id ya.

Tinggalkan komentar